Minggu, 14 November 2010

Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa

Siapa yang tidak suka membaca? Siapa yang ingin berhasil dalam belajarnya? Jika pertanyaan tersebut kita tanyakan kepada siswa, maka semua pasti menjawab bahwa mereka semua ingin berhasil.
Mereka tidak ingin gagal dalam belajar. Oleh karena itulah, maka harus memahami pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mereka. Hal ini untuk menumbuhkan kesadaran baca di antara siswa yang ada.
Terkait dengan hal tersebut, maka membaca merupakan pintu yang menghubungkan mereka pada padang keberhasilan belajar. Dan, semua itu merupakan pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa. Siswa yang berminat dalam kegiatan membaca mempunyai kecenderungan lebih berhasil dalam proses belajarnya.
Minat baca adalah satu bentuk ketertarikan seseorang pada kegiatan membaca. Dan, membaca adalah sebuah proses pengadopsian pengetahuan atau informasi terkait dengan bidang yang kita jalani atau kehidupan secara umum.
Dengan membaca, maka kita dapat memperoleh banyak informasi, baik yang berupa pengetahuan ataupun keterampilan. Dalam proses belajar inilah yang merupakan bukti atas pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa.
Dengan demikian, maka mereka yang mempunyai minat baca tinggi pasti mempunyai pengetahuan dan keterampilan lebih banyak dari yang lainnya. Jika pengetahuan kita lebih banyak dari yang lain, itu artinya kita lebih kompeten. Ini menunjukkan betapa pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar benar-benar terjadi pada setiap orang.

Membaca Adalah Kendaraan Menuju Masa Depan
Jika kita ingin masa depan yang lebih baik, maka salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca buku. Hal ini karena dengan membaca buku, kita dapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan dan keterampilan inilah yang sesungguhnya menunjukkan bukti pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar.
Oleh karena itulah, maka kita sebagai pembimbing belajar siswa seharusnya terus berusaha untuk memberikan dorongan kepada para siswa untuk meningkatkan minat membaca. Tidak hanya minat membaca tetapi sekaligus melakukan kegiatan membaca berbagai macam buku.
Kita harus dapat menumbuhkan satu konsep di hati siswa bahwa membaca adalah kendaraan menuju masa depan lebih baik. Kita tanamkan betapa besar pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar kita.
Seperti kita ketahui, untuk mencapai tujuan, salah satu hal yang harus kita siapkan adalah kendaraan yang kita yakini dapat mengantar kita ke tujuan akhir. Dan, dalam konteks belajar maksimal, yaitu belajar untuk mencapai hasil maksimal, membaca merupakan kendaraan kita.
Siapa yang banyak membaca, mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan, itu berarti berkompeten dalam bidang tersebut. Hanya sayang, pada saat sekarang ini minat baca siswa sangat rendah sehingga perpustakaan menjadi tempat yang asing bagi siswa. Bahkan, banyak siswa yang tidak memahami betapa besar pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mereka.

Banyak Membaca, Banyak Pengetahuan
Sering kita membaca atau mendengar orang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Berarti, jika kita banyak membaca buku sama artinya dengan melihat isi dunia dari halaman-halaman buku yang kita baca. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka kita dapat mengatakan bahwa pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa sangatlah besar.
Membaca berarti mencoba untuk memahami isi yang terdapat dalam bacaan, baik itu buku, surat kabar, atau sumber informasi lainnya, jika kita mempunyai minat baca tinggi terhadap satu atau beberapa materi baca, maka pengetahuan kita semakin banyak.
Hal ini karena pada saat kita membaca, maka pada saat itulah kita menanamkan konsep baru dalam memori kita. Dan, konsep baru yang secara teratur kita tanamkan, karena kegiatan membaca yang kita lakukan sangat terkait dengan prestasi belajar.
Siswa yang banyak membaca akan mempunyai simpanan pengetahuan yang lebih banyak. Dengan simpanan pengetahuan yang lebih banyak inilah, maka mereka mempunyai kemampuan menyelesaikan setiap permasalahan dengan lebih baik. Hal ini menunjukkan tingkat prestasi belajar yang tinggi.
Dari kondisi inilah yang menunjukkan pada kita bahwa sebenarnya pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar sangatlah erat. Oleh karena itu, gerakan menumbuhkan kesadaran baca kepada siswa seharusnya menjadi kegiatan wajib di setiap sekolah. Jika perlu, di masyarakat pun diterapkan kewajiban untuk membaca buku dalam jumlah tertentu pada saat tertentu.
Setidaknya dalam hal ini, kita melihat hubungan yang erat antara minat baca dengan prestasi belajar. Kebiasaan membaca yang teratur ternyata memberikan banyak pengetahuan kepada siswa dan hal tersebut membuat mereka selalu siap menghadapi persoalan saat proses belajar maupun setelah menyelesaikan masa belajarnya.
Pada akhirnya, kita hanya dapat mengatakan bahwa untuk dapat menguasai dunia ini, maka bekal yang paling utama kita adalah pengetahuan. Sementara untuk mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya, maka kita harus banyak membaca buku atau apapun yang terkait dengan proses penambahan pengetahuan pada memori pikiran kita.
Apakah Anda ingin menguasai dunia? Banyak-banyaklah membaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar